Teori Belajar yang Mendukung Pembelajaran Berbasis Masalah
A.
Teori
Belajar yang Mendukung Pembelajaran Berbasis Masalah
1. Teori Belajar Jean Piaget dan Pandangan
Konstruktivisme
Piaget (Abdulah
dan Ridwan, 2008: 2) terkenal dengan teori belajarnya yang biasa disebut
perkembangan mental manusia atau teori perkembangan kognitif atau disebut juga
teori perkembangan intelektual yang berkenaan dengan kesiapan anak untuk mampu
belajar. Sedangkan dalam kaitannya dengan teori belajar konstruktivisme, Piaget
dikenal sebagai konstruktivis pertama, menegaskan bahwa pengetahuan dibangun
dalam pikiran anak. Kaitan antara teori belajar Piaget dan pandangan
konstruktivisme dengan pembelajaran berbasis masalah adalah prinsip-prinsip pembelajaran
berbasis masalah sejalan dengan pandangan teori belajar tersebut. Siswa secara
aktif mengkonstruksi sendiri pemahamannya, dengan cara interaksi dengan lingkungannya
melalui proses asimilasi dan akomodasi.
2.
Teori Belajar Bermakna dari David Ausubel
Ausubel (Abdulah
dan Ridwan, 2008: 2), membedakan belajar bermakna (meaningful learning)
dan belajar menghapal (rote learning). Belajar bermakna adalah proses belajar
dimana informasi baru dihubungkan dengan struktur pengertian yang sudah
dipunyai seseorang yang sedang belajar. Sedangkan belajar menghapal diperlukan
bila seseorang memperoleh informasi baru dalam pengetahuan yang sama sekali
tidak berhubungan dengan yang telah diketahuinya. Belajar bermakna Ausubel erat
kaitannya dengan belajar berbasis masalah, karena dalam pembelajaran ini
pengetahuan tidak diberikan dalam bentuk jadi melainkan siswa menemukan
kembali. Selain itu pada pembelajaran ini, informasi baru dikaitkan dengan
struktur kognitif yang telah dimiliki siswa.
3. Teori Belajar Vygotsky
Teori belajar
Vygotsky sejalan dengan teori belajar Piaget yang meyakini bahwa perkembangan
intelektual terjadi pada saat individu berhadapan dengan pengalaman baru dan
menantang, dan ketika mereka berusaha untuk memecahkan masalah yang
dimunculkan. Menurut Ibrahim dan Nur dalam upaya mendapatkan pemahaman,
individu yang bersangkutan berusaha mengaitkan pengetahuan baru dengan
pengetahuan awal yang telah dimilikinya kemudian membangun pengertian baru (Abdulah
dan Ridwan, 2008: 3). Tetapi lebih lanjut dikatakan oleh Ibrahim dan Nur (Abdulah
dan Ridwan, 2008: 3) bahwa dalam hal lain keyakinan Vigotsky berbeda dengan
Piaget, dimana Vygotsky memberi tempat yang lebih penting pada aspek sosial
dengan teman lain memacu terbentuknya ide baru dan memperkaya perkembangan
intelektual siswa. Prinsip-prinsip teori Vygotsky tersebut di atas merupakan
bagian dari kegiatan pembelajaran berbasis masalah melalui bekerja dan belajar
pada kelompok kecil.
4.
Teori Belajar
Jerome S. Bruner
Bruner terkenal
dengan metode penemuannya, yang dimaksud dengan penemuan disini adalah siswa
menemukan kembali, bukan menemukan yang sama sekali benar-benar baru. Bruner
yang ada kaitannya dengan pembelajaran berbasis masalah yaitu scaffolding dan
interaksi sosial di kelas maupun di luar kelas. Menurut Bruner (Abdulah dan
Ridwan, 2008: 3) scaffolding merupakan suatu proses untuk membantu siswa
menuntaskan masalah tertentu melampaui kapasitas perkembangannya melalui
bantuan guru, teman atau orang lain yang memiliki kemampuan lebih.
Daftar Pustaka
Abdulah,
A.G dan Ridwan, T. (2008). Implementasi
Problem Based Learning (PBL) Pada Proses Pembelajaran di BPTP Bandung. [Online].
Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JUR._PEND._TEKNIK_ELEKTRO/197211131999031-ADE_GAFAR_ABDULLAH/Makalah_dan_Artikel_yang_sudah_dipublikasikan_(9_files)/Artikel-02.pdf. [22 April 2016]
Listen...
BalasHapusWhat I'm going to tell you may sound pretty creepy, and maybe even a little "out there..."
BUT what if you could just push "Play" and LISTEN to a short, "magical tone"...
And INSTANTLY attract MORE MONEY to your life???
And I'm really talking about hundreds... even thousands of dollars!
Sound too EASY??? Think something like this is not for real?
Well then, I'll be the one to tell you the news.
Usually the greatest blessings life has to offer are also the EASIEST!
Honestly, I will provide you with PROOF by allowing you to listen to a real-life "magical abundance tone" I developed...
(And COMPLETELY RISK FREE).
You just press "Play" and you will start having more money come into your life. starting pretty much right away.
CLICK here to play the mysterious "Miracle Abundance TONE" as my gift to you!