https://pendidikantt.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=3 Teori Belajar yang Mendukung Pembelajaran Berbasis Masalah - Dunia Pendidikan -->

Teori Belajar yang Mendukung Pembelajaran Berbasis Masalah

A.  Teori Belajar yang Mendukung Pembelajaran Berbasis Masalah

1.      Teori Belajar Jean Piaget dan Pandangan Konstruktivisme
Piaget (Abdulah dan Ridwan, 2008: 2) terkenal dengan teori belajarnya yang biasa disebut perkembangan mental manusia atau teori perkembangan kognitif atau disebut juga teori perkembangan intelektual yang berkenaan dengan kesiapan anak untuk mampu belajar. Sedangkan dalam kaitannya dengan teori belajar konstruktivisme, Piaget dikenal sebagai konstruktivis pertama, menegaskan bahwa pengetahuan dibangun dalam pikiran anak. Kaitan antara teori belajar Piaget dan pandangan konstruktivisme dengan pembelajaran berbasis masalah adalah prinsip-prinsip pembelajaran berbasis masalah sejalan dengan pandangan teori belajar tersebut. Siswa secara aktif mengkonstruksi sendiri pemahamannya, dengan cara interaksi dengan lingkungannya melalui proses asimilasi dan akomodasi.
2.      Teori Belajar Bermakna dari David Ausubel
Ausubel (Abdulah dan Ridwan, 2008: 2), membedakan belajar bermakna (meaningful learning) dan belajar menghapal (rote learning). Belajar bermakna adalah proses belajar dimana informasi baru dihubungkan dengan struktur pengertian yang sudah dipunyai seseorang yang sedang belajar. Sedangkan belajar menghapal diperlukan bila seseorang memperoleh informasi baru dalam pengetahuan yang sama sekali tidak berhubungan dengan yang telah diketahuinya. Belajar bermakna Ausubel erat kaitannya dengan belajar berbasis masalah, karena dalam pembelajaran ini pengetahuan tidak diberikan dalam bentuk jadi melainkan siswa menemukan kembali. Selain itu pada pembelajaran ini, informasi baru dikaitkan dengan struktur kognitif yang telah dimiliki siswa.
3.      Teori Belajar Vygotsky
Teori belajar Vygotsky sejalan dengan teori belajar Piaget yang meyakini bahwa perkembangan intelektual terjadi pada saat individu berhadapan dengan pengalaman baru dan menantang, dan ketika mereka berusaha untuk memecahkan masalah yang dimunculkan. Menurut Ibrahim dan Nur dalam upaya mendapatkan pemahaman, individu yang bersangkutan berusaha mengaitkan pengetahuan baru dengan pengetahuan awal yang telah dimilikinya kemudian membangun pengertian baru (Abdulah dan Ridwan, 2008: 3). Tetapi lebih lanjut dikatakan oleh Ibrahim dan Nur (Abdulah dan Ridwan, 2008: 3) bahwa dalam hal lain keyakinan Vigotsky berbeda dengan Piaget, dimana Vygotsky memberi tempat yang lebih penting pada aspek sosial dengan teman lain memacu terbentuknya ide baru dan memperkaya perkembangan intelektual siswa. Prinsip-prinsip teori Vygotsky tersebut di atas merupakan bagian dari kegiatan pembelajaran berbasis masalah melalui bekerja dan belajar pada kelompok kecil.
4.      Teori Belajar Jerome S. Bruner

Bruner terkenal dengan metode penemuannya, yang dimaksud dengan penemuan disini adalah siswa menemukan kembali, bukan menemukan yang sama sekali benar-benar baru. Bruner yang ada kaitannya dengan pembelajaran berbasis masalah yaitu scaffolding dan interaksi sosial di kelas maupun di luar kelas. Menurut Bruner (Abdulah dan Ridwan, 2008: 3) scaffolding merupakan suatu proses untuk membantu siswa menuntaskan masalah tertentu melampaui kapasitas perkembangannya melalui bantuan guru, teman atau orang lain yang memiliki kemampuan lebih.

Daftar Pustaka
Abdulah, A.G dan Ridwan, T. (2008). Implementasi Problem Based Learning (PBL) Pada Proses Pembelajaran di BPTP Bandung. [Online]. Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JUR._PEND._TEKNIK_ELEKTRO/197211131999031-ADE_GAFAR_ABDULLAH/Makalah_dan_Artikel_yang_sudah_dipublikasikan_(9_files)/Artikel-02.pdf. [22 April 2016]

1 Response to "Teori Belajar yang Mendukung Pembelajaran Berbasis Masalah"

  1. Listen...

    What I'm going to tell you may sound pretty creepy, and maybe even a little "out there..."

    BUT what if you could just push "Play" and LISTEN to a short, "magical tone"...

    And INSTANTLY attract MORE MONEY to your life???

    And I'm really talking about hundreds... even thousands of dollars!

    Sound too EASY??? Think something like this is not for real?

    Well then, I'll be the one to tell you the news.

    Usually the greatest blessings life has to offer are also the EASIEST!

    Honestly, I will provide you with PROOF by allowing you to listen to a real-life "magical abundance tone" I developed...

    (And COMPLETELY RISK FREE).

    You just press "Play" and you will start having more money come into your life. starting pretty much right away.

    CLICK here to play the mysterious "Miracle Abundance TONE" as my gift to you!

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel