https://pendidikantt.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=3 Gaya Belajar - Dunia Pendidikan -->

Gaya Belajar

Menurut Hasrul (2009), Gaya belajar adalah kunci untuk mengembangkan kinerja dalam pekerjaan, di sekolah dan dalam situasi-situasi antar pribadi. Ketika sesorang menyadari bagaimana dia dan orang lain menyerap dan mengolah informasi, maka dia dapat menjadikan belajar dan berkomunikasi lebih mudah dengan gaya sendiri.
Menurut De Porter dan Hernacki (2000: 110), Gaya belajar adalah kombinasi dari bagaimana ia menyerap dan kemudian mengatur serta mengolah informasi.
Menurut De Porter dan Hernacki (2000: 113), Ada beberapa tipe gaya belajar yang bisa dicermati, yaitu sebagai berikut:
  1. Gaya belajar visual (Visual Learnes)

De Porter dan Hernacki (2000: 117) menjelaskan bahwa orang bergaya belajar visual lebih dekat dengan ciri seperti suka mencoret-coret ketika berbicara ditelepon, berbicara dengan cepat, dan lebih suka melihat peta dari pada mendengarkan penjelasan. Menurut De Porter dan Hernacki (2000: 113), Orang visual belajar melalui apa yang mereka lihat. De Porter dan Hernacki (2000: 116), ciri-ciri gaya belajar visual, sebagai berikut:
a.       Rapi dan teratur
b.      Berbicara dengan cepat
c.       Perencana dan pengatur jangka panjang yang baik
d.      Teliti terhadap detail
e.       Mementingkan penampilan, baik dalam hal pakaian maupun presentasi
f.       Pengeja yang baik dan dapat melihat kata-kata yang sebenarnya dalam pikiran mereka
g.      Mengingat apa yang dilihat daripada yang didengar
h.      Mengingat dengan asosiasi visual
i.        Biasanya tidak terganggu pada keributan
j.        Mempunyai masalah untuk mengingat instruksi verbal kecuali ditulis, dan sering kali minta bantuan orang untuk mengulanginya
k.      Pembaca cepat dan tekun
l.        Lebih suka membaca daripada dibacakan
m.    Membutuhkan pandangan dan tujuan yang menyeluruh dan bersikap waspada sebelum secara mental merasa pasti tentang suatu masalah atau proyek
n.      Mencoret-coret tanpa arti selama berbicara ditelpon dan didalam rapat
o.      Lupa menyampaikan pesan verbal kepada orang lain
p.      Sering menjawab pertanyaan dengan jawaban singkat ya atau tidak
q.      Lebih suka melakukan demonstrasi daripada berpidato
r.        Lebih suka seni daripada musik

2.   Gaya belajar Auditorial (Auditory Learnes)

De Porter dan Hernacki (2000: 117) menjelaskan bahwa orang bergaya belajar auditorial lebih dekat dengan ciri seperti lebih suka berbicara sendiri, lebih menyukai ceramah atau seminar dari pada membaca buku, dan lebih suka berbicara dari pada menulis. Menurut De Porter dan Hernacki (2000: 113), Orang auditorial belajar melalui apa yang mereka dengar. De Porter dan Hernacki (2000: 118), ciri-ciri gaya belajar auditorial, sebagai berikut:
a.       Berbicara kepada diri sendiri saat kerja
b.      Mudah terganggu oleh keributan
c.       Menggerakan bibir mereka dan mengucapkan tulisan dibuku ketika membaca
d.      Senang membaca dengan keras dan mendengarkan
e.       Dapat mengulangi kembali dan menirukan nada, irama, dan warna suara
f.       Kesulitan untuk menulis, tetapi hebat dalam bercerita
g.      Berbicara dengan irama yang terpola
h.      Biasanya pembicara yang fasih
i.        Lebih suka musik daripada seni
j.        Belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa yang didiskusikan daripada yang dilihat
k.      Suka berbicara, suka berdiskusi dan menjelaskan sesuatu panjang lebar
l.        Mempunyai masalah dengan pekerjaan-pekerjaan yang melibatkan visualisasi, seperti memotong bagian-bagian hingga sesuai satu sama lain
m.    Lebih pandai mengeja dengan keras daripada menuliskannya
n.      Lebih suka gurauan daripada membaca komik

  3.    Gaya belajar Kinestetik (Kinestechtic Learnes)

De Porter dan Hernacki (2000: 117) menjelaskan bahwa orang bergaya belajar kinestetik lebih dekat dengan ciri seperti saat berfikir lebih baik ketika bergerak atau berjalan, banyak menggerakkan anggota tubuh ketika berbicara, dan merasa sulit untuk duduk diam. Menurut De Porter dan Hernacki (2000: 113), Orang kinestetik belajar dengan cara bergerak, bekerja dan menyentuh. De Porter dan Hernacki (2000: 118), ciri-ciri gaya belajar kinestetik, sebagai berikut:
a.       Berbicara dengan perlahan
b.      Menanggapi perhatian fisik
c.       Menyentuh orang untuk mendapatkan perhatian mereka
d.      Berdiri dekat ketika berbicara dengan orang
e.       Selalu berorientasi pada fisik dan banyak bergerak
f.       Mempunyai perkembangan awal otot-otot yang besar
g.      Belajar melalui memanipulasi dan peraktik
h.      Menghafal dengan cara berjalan dan melihat
i.        menggunakan jari sebagai penunjuk ketika membaca
j.        Banyak menggunakan isyarat tubuh
k.      Tidak dapat duduk diam untuk waktu lama




DAFTAR PUSTAKA

De Porter, B dan Hernacki, M. (2000). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. (terjemahan Alwiyah Abdurrahman). Bandung: Kaifa
Hasrul. (2009). Pemahaman Tentang Gaya Belajar. [Online]. Tersedia: http://ft-unm.net/medtek/Jurnal%20Medtek%20Vo.%201_No.2_Oktober%202009/Hasrul.pdf. [26 Maret 2016]



1 Response to "Gaya Belajar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel