https://pendidikantt.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=3 Aktivitas Belajar Siswa - Dunia Pendidikan -->

Aktivitas Belajar Siswa


1.      Pengertian Aktivitas Belajar

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2007: 57), aktifitas adalah kegiatan. Aktivitas belajar adalah segala bentuk kegiatan untuk melakukan proses pembelajaran. Dalam proses belajar mengajar, keaktifan siswa merupakan hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan oleh guru sehingga proses belajar mengajar yang ditempuh benar-benar memperoleh hasil yang optimal. Aktivitas belajar siswa merupakan kegiatan atau perilaku siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Jadi, aktivitas belajar siswa adalah kegiatan-kegiatan siswa yang menunjang keberhasilan belajar. Dalam hal ini bahwa pengetahuan itu harus diperoleh dengan pengamatan sendiri, menyelidiki sendiri, dengan bekerja sendiri baik secara rohani maupun teknis. Tanpa ada aktivitas, proses belajar tidak mungkin terjadi.

2.      Jenis-Jenis Aktivitas Belajar

Sekolah adalah salah satu pusat kegiatan belajar. Dengan demikian, di sekolah merupakan arena untuk mengembangkan aktivitas. Banyak jenis aktivitas yang dapat dilakukan oleh siswa di sekolah, antara lain sebagai berikut (Sardiman,2010: 101):
a.    Visual activities, yang termasuk didalamnya misalnya, membaca, memerhatikan gambar demonstrasi, percobaan, pekerjaan ornag lain.
b.   Oral activities, seperti: menyatakan,  merumuskan, bertanya, memberi saran, mengeluarkan pendapat, mengadakan wawancara, diskusi, interupsi.
c.    Listening activities, sebagai contoh mendengarkan: uraian, percakapan, diskusi, musik, pidato.
d.   Writing activities, seperti misalnya menulis cerita, karangan, laporan, angket, menyalin.
e.    Drawing activities, misalnya: menggambar, membuat grafik, peta, diagram.
f.     Motor activities, yang termasuk didalamnya antaralain: melakukan percobaan, membuat konstruksi, model mereparasi bermain, berkebun, berternak.
b.    Mental activities, sebagai contoh misalnya: menanggapi, mengingat, memecahkan soal, menganalisis, melihat hubungan, mengambil keputusan.

c.    Emotional activities, seperti misalnya, menaruh minat, merasa bosa, gembira, bersemangat, bergairah, berani, tenang, gugup.

Daftar Pustaka
Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

0 Response to "Aktivitas Belajar Siswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel