https://pendidikantt.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=3 Validitas, Daya Pembeda, Indeks Kesukaran dan Reliabilitas - Dunia Pendidikan -->

Validitas, Daya Pembeda, Indeks Kesukaran dan Reliabilitas


Validitas, Daya Pembeda, Indeks Kesukaran dan Reliabilitas

1)      Validitas butir soal
Sebuah item dikatakan valid apabila mempunyai dukungan besar terhadap skor total, dengan kata lain dapat dikemukakan bahwa sebuah item memiliki validitas yang tinggi jika skor pada item mempunyai kesejajaran dengan teknik korelasi product moment dengan angka kasar, yaitu sebagai berikut.
Rumus validitas butir soal menurut (Hendriana dan Soemarmo, 2014: 62):

Menurut Arikunto (Hendriana dan Soemarmo, 2011: 63) kriteria klasifikasi sebagai berikut:

3)      Daya Pembeda
Untuk melihat suatu butir soal mampu membedakan antara siswa yang belum mnguasai materi yang dipelajari dan siswa yang belum menguasai materi digunakan daya pembeda. Menurut Hendriana dan Soemarmo (2014: 64) “suatu butir tes dikatakan memiliki daya beda yang baik artinya butir tes tersebut dapat membedakan kualitas jawaban antara siswa sudah paham dan yang belum paham tentang tugas dalam butir tes yang bersangkutan”. Indeks daya beda biasanya dinyatakan dengan proporsi. Semakin tinggi proporsi itu, maka semakin baik soal tersebut membedakan antara siswa yang pandai dan peserta didik yang kurang pandai. Untuk menguji daya pembeda perlu menempuh langkah-langkah sebagai berikut:
(a)  Menghitung jumlah skor total setiap siswa.
(b) Mengurutkan skor total mulai dari skor tertinggi ke skor yang terendah.
(c)  Menetapkan kelompok atas dan kelompok bawah.
(d) Menghitung rata-rata skor kelompok atas dan kelompok bawah.Menghitung daya 
     
(Hendriana dan Soemarmo, 2014: 64)
(e)    Membandingkan daya pembeda dengan kriteria sebagai berikut.
(Hendriana dan Soemarmo, 2014: 64)
4)      Indeks kesukaran
Kualitas soal yang baik, disamping memenuhi validitas dan reliabilitas adalah adanya keseimbangan dari tingkat kesulitan soal tersebut. Suatu soal hendaknya tidak terlalu sukar dan tidak terlalu mudah. Untuk memenuhi indeks kesukaran suatu soal bentuk uraian digunakan rumus berikut:
   
 (Hendriana dan Soemarmo, 2014: 63)

5)      Reliabilitas Soal
Suatu instrumen disebut reliabel, “jika hasil pengukuran dengan instrumen tersebut adalah sama jika sekiranya pengukuran tersebut dilakukan pada orang yang sama pada waktu yang berlainan atau pada orang-orang yang berlainan (tetapi mempunyai kondisi yang sama) pada waktu yang sama atau pada waktu yang berlainan” (Budiyono, 2011: 13). Untuk melihat reliabilitas tes mengguanakan rumus sebagai berikut:
 




DAFTAR PUSTAKA

Hendriana, H dan Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

0 Response to "Validitas, Daya Pembeda, Indeks Kesukaran dan Reliabilitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel